Jumat, 25 Oktober 2013

Jam terus berdetak pada Siprus

Sebuah pulau di tepi Eropa dengan sektor perbankan outsize , banyak investor asing berbondong-bondong , dan goncangan ekonomi eksternal yang mengarah ke krisis keuangan pada proporsi yang dramatis : tidak seperti kita tidak pernah ada . Tapi kali ini itu Siprus, tidak Irlandia atau Islandia. Ini belum lagi bukti bahwa tidak ada negara adalah sebuah pulau di tengah-tengah badai terhindar pan-Eropa yang tidak mungkin pergi. Restrukturisasi utang Yunani dan ' potongan rambut " yang dikenakan pada investor institusi telah mengambil tol pada bank-bank di sebelah Siprus ( Bank of Cyprus saja mengambil kerugian senilai € 1300000000 tahun lalu ) .  

Situasi ini cukup mengerikan : dua bank terbesar - Bank Siprus dan Laiki ( populer ) Bank praktis bangkrut . Dan Siprus , dengan aset bank delapan kali PDB dan deposit empat kali , outdoes kedua Irlandia pada 2010 dan Islandia pada tahun 2008 . Namun meski demikian para Déjà vu melanjutkan: kepala berbicara di Eropa dan di luar menghitung kemungkinan malapetaka pan-Eropa ditimbulkan oleh berjalan di bank Siprus : bicara bahwa sekarang adalah menyakitkan akrab bagi semua orang di Uni Eropa .  

Selama beberapa dekade split Siprus menjadi bagian-bagian Yunani dan Turki adalah simbol dari divisi . Jika sesuatu itu sekarang berdiri untuk keterhubungan dan saling ketergantungan , meskipun dari jenis negatif.Interdependensi adalah pakar seo terbaik semua bagus dan keren di cuaca cerah tapi ketika saat yang sulit yang itu adalah untuk membayar tagihan ? Jelas, Mekanisme Stabilitas Eropa ( ESM ) didirikan untuk tujuan itu . Tetapi akhirnya alat antar pemerintah , tergantung pada kemauan negara anggota .  

Yang pada gilirannya berarti bahwa para pemimpin seperti Angela Merkel harus meyakinkan pemilih skeptis mereka mengapa pajak mereka harus dikeluarkan untuk menghidupkan kembali bank sembrono dan deposan Rusia ( dipercaya memegang hingga € 20 miliar deposito ) di negeri jauh yang , pada atas segalanya, surga lepas pantai dikenal . Mengapa tidak memilih skenario Islandia dan meninggalkan bank bangkrut , sementara menjamin deposito ? Dalam semua keadilan , (dalam ) terkenal troika terdiri dari Bank Sentral Eropa ( ECB ) , IMF dan Komisi Eropa telah mengambil posisi yang lebih bernuansa - yang € 10000000000 paket bailout dari ESM harus dicocokkan dengan € 5800000000 diajukan oleh Siprus sendiri , mungkin oleh " bail -in " dari bank itu sendiri . Hanya bahwa dua hari yang lalu protes massa memaksa parlemen di Nicosia untuk menjatuhkan rencana , yang meramalkan retribusi biaya satu - off hingga 9,9 % pada deposan .

Jam kini berdetak sampai Plan B diadopsi . Bank yang tertutup , karena untuk membuka kembali pada hari Selasa . Penutupan berarti transaksi telah dibekukan , pertama kalinya bahwa krisis euro telah memukul Pasar Tunggal Uni Eropa dan pergerakan bebas modal . Di tingkat lokal , bahkan ketika bank-bank membuka kembali ( mudah-mudahan) mereka mungkin belum cukup uang untuk memenuhi klaim oleh usaha dan rumah tangga . Korban lain mungkin juga berubah menjadi serikat perbankan , termasuk skema penjaminan mutualised , diluncurkan kembali pada tahun 2012 sebagai salah satu papan dari arsitektur masa depan Uni Eropa .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar